Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed– Sosialisasi dan Diskusi Peminatan 2016 merupakan salah satu program kerja Divisi Kesejahteraan Mahasiswa HIMA KBMKM Universitas Jenderal Soedirman. Bentuk kegiatan kegiatan ini yaitu, penyampaian materi pengantar 7 bidang peminatan yang ada di Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed oleh masing – masing dosen pengampu dan sharing dengan alumni mengenai prospek kerja serta pengalaman kerja di ketujuh bidang tersebut.

Sosialisasi dan Diskusi Peminatan 2016 dilaksanakan oleh panitia yang terdiri dari 16 orang anggota HIMA KBMKM Unsoed. Peserta dari kegiatan tersebut ialah seluruh mahasiswa aktif semester 5 Jurusan Kesehatan Masyarakat dan dihadiri oleh 88 mahasiswa aktif semester 5 Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2016 bertempat di Ruang 4 Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed. Tujuan kegiatan ini adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan informasi mengenai peminatan yang akan diambil melalui sosialisasi secara umum dan diskusi dengan alumni.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian pengantar Sosialisasi dan Diskusi Peminanatan oleh Ibu Agnes Fitria W., S.KM, M.Sc. Kemudian dilanjutkan secara beruntun penyampaian materi dari masing – masing pengampu 7 bidang peminatan yang disampaikan oleh Ibu Siti Masfiah, S.KM, M.Kes (Peminatan Promkes), Ibu Dian Anandari, S.KM, M.KM (Peminatan Biostat), Ibu Devi Octaviana, S.Si, M.Kes (Peminatan Epid), Bapak Arif Kurniawan, S.KM, M.Kes (Peminatan AKK), Ibu Nur Ulfah, S.KM, M.Si (Peminatan K3), Bapak Suratman, S.KM, M.Kes, Ph.D., Bapak Kuswanto S., S.KM, M.Kes (Peminatan Kesling) dan Bapak Drs. Bambang Haryadi, M.Kes (Peminatan Kespro).

Kegiatan selanjutnya adalah sharing  dengan alumni Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed mengenai profesi yang dijalani sekarang serta pengalaman saat bekerja oleh tiga orang alumni yaitu Neto Andriyanto, S.KM., Adi Nugroho, S.KM yang bekerja sebagai Staff Seksi Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kab. Purbalingga formasi Epidemiolog, sebagai Penanggung Jawab Program Surveilans dan Penanggung Jawab Program HIV/AIDS, dan Nur Utomo, S.KM., M.D yang bekerja sebagai First Medical Entomology in Port Health Office Class II of Banten.

Pada akhir kegiatan diadakan sesi kuisoner yang berguna sebagai bahan evaluasi program kerja Divisi Kesejahteraan Mahasiswa KBMKM ke depan.

Leave a Reply