BToPH (Basic Training of Public Health)

Purwokerto–Basic Training of Public Health (BTOPH) merupakan sebuah kegiatan pelatihan dasar mahasiswa baru Kesehatan Masyarakat dalam mengenal lebih dekat tentang kesehatan masyarakat, berorganisasi dan melatih berpikir lebih kritis terhadap masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia. Kegiatan BTOPH ini telah dilaksanakan oleh universitas-universitas lain yang dinaungi oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) dan sebagai wahana pengenalan mahasiswa baru terhadap Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman serta peningkatan pengetahuan mengenai konsep dasar kehidupan kampus dan pasca kampus.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan program kerja HIMA KBMKM Divisi POKJA (Kelompok Kerja) ISMKMI.Dengan pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan menjadi suatu wahana komunikasi yang timbale balik antara mahasiswa baru dengan mahasiswa tingkat atasnya. Kegiatan ini mengusung tema “Membentuk generasi emas Kesehatan Masyarakat yang berkarakter dalam mewujudkan Indonesia Sehat dengan jiwa MIRACLE”.

BToPH atau Basic Traning of Public Health merupakan kegiatan yang bertujuanuntuk membentuk kepribadian mahasiswa sejak dini yang kreatif, bertaqwa, dan peduli kesehatan, juga karakter organisasi dan kepemimpinannya, mengenalkan mahasiswa baru tentang keilmuan kesehatan masyarakat dan kegiatan kampus serta pasca kampus,mengenalkan ISMKMI kepada mahasiswa baru. Terdapat tiga rangkaian yang dilaksanakan, yaituPraBToPH,BToPH, dan PascaBToPH.

Rangkaian pertama adalah PraBToPH yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 3 dan 4 September 2016. PraBToPH bertujuan untuk memperkenalkan jurusan kesehatan masyarakat Universitas Jenderal Soedirman. Pada hari pertama mahasiswa berkumpul pada pukul 06.30 WIB untuk melakukan Opening Ceremony setelah itu mahasiswa baru melakukan registrasi kemudian memasuki ruang IV untuk mendapatkan materi. Materi pertama adalah visi misi jurusan kesehatan masyarakat oleh ibu Devi Octaviana, S.Si, M.Kes . Setelah itu dilanjutkan materi kedua yaitu Pengenalan Dosen dan Karyawan oleh bapak Drs. Kuswanto Sanredja, M.Kes . Materi ketiga adalah Kurikulum dan Miracle oleh bapak Arif Kurniawan, SKM, M.Kes . Dilanjutkan dengan materi tujuh bidang kesmas oleh alumni kesehatan masyarakat Universitas Jenderal Soedirman. Pada hari pertama terdapat dua perkenalan peminatan jurusan KESMAS UNSOED antara lain Materi Epidemiologi oleh bapak Cecep Heriana, SKM , Materi K3 oleh bapak Ega Aditia, SKM. Setelah itu dilanjutkan dengan Apel dan Evaluasi.

Pada Pra BToPH hari kedua tanggal 4 September mahasiswa baru berkumpul pukul 06.30 WIB kemudian melakukan Apel dilanjutkan registrasi kemudian mahasiswa baru memasuki ruang IV untuk menerima materi. Materi pada Pra BToPH hari kedua ini melanjutkan materi tujuh bidang kesmas. Materi pertama materi Biostatistik oleh ibu Aini Devi Agustin, SKM . Materi kedua materi AKK oleh bapak Dedi Supratman, SKM, MARS . Materi ketiga adalah Promosi Kesehatan oleh bapak Wahyu Alam Mardika, SKM . Materi keempat  Kesehatan Lingkungan oleh bapak Septiono  Bangun Sugiharto, SKM, MPH . Materi terakhir adalah Kesehatan Reproduksi oleh bapak Supriatna, SKM. Setelah itu dilanjutkan dengan Apel dan Evaluasi. Kegiatan Pra BToPH ini bertujuan untuk memperkenalkan jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED dan 7 Peminatan yang ada di KESMAS UNSOED.

Rangkaian kedua yaitu BToPH yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 17 dan 18 September 2016 di kampus jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman. Pada hari pertama BToPH yaitu tanggal 17 September 2016 mahasiswa baru berkumpul pukul 06.30 untuk melaksanakan Apel kemudian melakukan registrasi. Setelah registrasi, mahasiswa baru memasuki ruang IV. Materi pertama ialah pengenalan ISMKMI(Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) denganpembicara Anggi Putri Aria Gita (Korda ISMKMI JATENG). Kemudian, dilanjutkan dengan Pengenalan pengurus ISMKMI yang berasal dari UNSOED . Kemudian, dilanjutkan materi  Advokasi oleh Agus Yusup. Selanjutnya, materi Pentingnya Organisasi oleh Rendy Manuhutu dan Raden Ayu Zakiyyah. Kemudian Dinamika Kelompok, dalam dinamika kelompok ini mahasiswa baru diberikan alat dan bahan kemudian mahasiswa harus membuat sebuah karya yang mereka buat dari bahan yang tersedia. Kegiatan ini sangat melatih kreatifitas mahasiswa. Setelah itu dilanjutkan dengan Apel dan Evaluasi.Pada BToPH hari kedua yaitu tanggal 18 September 2016, materi pertama yaitu Leadership oleh Awal Ramanda . Kemudian dilanjutkan kegiatan Debat. Setelah itu Penerapan Advokasi.  Pada kegiatan BToPH ini bertujuan untuk memperkenalkan ISMKMI dan menjadikan mahasiswa lebih aktif untuk menyampaikan pendapatnya.

Rangkaian ketiga yaitu Pasca BToPH dilaksanakan selama tiga hari dua malam pada tanggal 23 – 25 September 2016 di wisma Taurus, Baturaden. Kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan antar mahasiswa baru maupun antar mahasiswa baru dengan mahasiswa tingkat atasnya. Kegiatan pertama pada tanggal 23 September 2016 yaitu Review, tujuannya untuk mengetahui seberapa jauh mahasiswa baru mengikuti kegiatan rangkaian BToPH. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan panitia BToPH 2016. Keesokan harinya dilanjutkan dengan pengenalan HIMA KBMKM UNSOED dan Komunitas Plakat KESMAS UNSOED . Kemudian yang dibuat oleh mahasiswa baru. Selanjutnya, kegiatan lomba memasak yang bertujuan untuk mengakrabkan masing – masing kelompok dan dapat bersaing dengan kelompok lain. Selanjutnya, pada malam hari pukul 19.30 WIB dilaksanakan kegiatan Welcoming Party. Welcoming Party ini merupakan salah satu tugas mahasiswa baru untuk membuat sebuah acara, diharapkan mahasiswa baru lebih akrab dalam satu angkatan dan dapat belajar berorganisasi dengan membuat acara tersebut. Dalam Welcoming Party ini mahasiswa baru menampilkan berbagai penampilan yang sangat menarik. Salah satunya, drama musikal yaitu Aladin dengan harapan mahasiswa baru 2016 dapat menjadi lebih baik lagi dan dapat berkontribusi, sehingga dapat memberikan prestasi untuk KESMAS UNSOED dan Indonesia sehat.

Pada tanggal 25 September 2015 kegiatan yang dilaksanakan adalah Senam sehat bersama Pocari Sweat. Setelah itu kegiatan yang dilaksanakan adalah Outbound. Terdapat 5 pos dan 2 pos bayangan, di pos bayangan mahasiswa dapat beristirahat sejenak dan meminum beberapa gelas pocari yang telah disediakan. Pada masing masing pos terdapat games yang masing masing games mempunyai esensi. Setelah outbound persiapan untuk pulang dan kembali ke kampus KESMAS UNSOED. Setelah sampai kampus KESMAS dilaksanakannya Kontemplasi kemudian dilanjutkan Clossing Ceremony.

Leave a Reply