Purwokerto, 8/10) Bertempat di RM.Lumbung & Resto digelar kuliah umum mengenai “Situasi Terkini Penyakit Tular Vektor Nyamuk Dan Siaga Zika Virus”. sebuah tema yang cukup uptodate dan menjadi salah satu tranding topik didunia kesehatan. Tidak tanggung-tanggung kuliah umum disampaikan oleh pakar epidemiologi dari UGM, dr.Tri Baskoro Tunggul Satoto, M.Sc., Ph.D dan koleganya dari Universitas Montpellier Perancis Prof. Roger Frutos. Ide segar dengan tema kekinian ini spontan menyedot perhatian semua pihak. Lebih dari 230 peserta mengikuti kuliah tersebut mulai mahasiswa, akademisi dari perguruan tinggi kesehatan di Purwokerto juga diikuti oleh dinas-dinas terkait di Kabupaten Banyumas.

 

Kuliah umum dimulai pukul 13.30 Wib. Sebagai “opening” kegiatan, digelar seni tari saman oleh 12 mahasiswi yang tergabung dalam unit kegiatan BESKEM Kesmas, Unsoed. Dilanjutkan dengan sabutan ketua kegiatan Siwi Pramatama MW, S.Si, M.Kes, Ph.D. Menurutnya tujuan dari kuliah umum ini untuk memberikan informasi yang benar terkait zika virus, sehingga masyarakat membahami bagaimana upaya dan penanganan akan bahaya zika virus ini. Wakil Dekan II Fikes Drs. Bambang Haryadi, M.Kes pada sambutan kedua menambahkan, pemilihan tempat kuliah yang tidak biasa juga memberikan kesan berbeda. Sehingga perkliahan berjalan santai tetapi tetap mengena. Hal ini tampak jelas pada sesi diskusi dan tanya jawab, cukup banyak yang memberi pertanyaan kepada kedua pembicara.

Sebagai penutup acara, pembagian doorprise kepada 9 oranga peserta kuliah yang beruntung. Dilanjutkan dengan ramah tamah dan sesi foto bersama dan selfview dengan kedua pembicara, maklum sebagian peserta mahasiswa masih “demam bule”. Sebuah ahir perkuliahan yang menyenangakan. Semoga tetap bermanfaat!

Leave a Reply